8 Cara untuk Mengatasi Autentikasi WiFi error di Android

Mengalami error autentikasi saat menghubungkan perangkat Android Anda ke jaringan Wi-Fi? Anda Tidak perlu khawatir karena masalah ini adalah masalah yang cukup umum, Bahkan bisa terjadi saat Anda mencoba menyambungkan ke jaringan yang pernah  di gunakan sebelumnya.

Kesalahan autentikasi wifi
Untungnya, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini dan berhasil menghubungkan kembali ponsel Anda ke jaringan Wi-Fi. Simak caranya berikut ini;

Catatan:
Setiap Ponsel mungkin berbeda untuk tata letak menu pengaturan-nya.

1. Mode Pesawat

Cara yang pertama untuk Kesalahan otentikasi Wi-Fi adalah dengan beralih mode pesawat di ponsel Android Anda. Saat Anda melakukannya, ponsel akan terputus dari semua jaringan yang tersambung ke ponsel Anda. 

Anda kemudian dapat menonaktifkan mode pesawat untuk terhubung kembali ke jaringan Wi-Fi Anda. Tidak ada jaminan bahwa metode ini akan memperbaiki kesalahan, tetapi cara ini hanya perlu waktu sejenak, jadi perlu dicoba.

Lakukan beberapa kali untuk "menonaktifkan-aktifkan" Mode pesawat tersebut, Semoga sekarang ponsel sudah kembali terhubung ke jaringan Wi-Fi. 


2. Periksa Kata Sandi Wi-Fi

Kesalahan otentikasi seringkali di sebabkan oleh Anda mungkin memasukkan kata sandi Wi-Fi yang salah. Anda mungkin lupa dengan kata sandi WiFi tersebut, atau jika seseorang telah mengubahnya,

Jika Anda lupa dengan kata sandi Wifi-nya, Anda bisa menuju ke menu pengaturan router Anda dan menemukan kata sandi wifi-nya;

  • Buka browser dan akses halaman pengaturan router Anda dengan memasukkan alamat IP-nya. Alamat IP biasanya adalah 192.168.1.1, tetapi mungkin berbeda tergantung perangkat router Anda.Masukkan alamat itu di bilah alamat Anda dan tekan Enter.
  • Router Anda akan meminta Anda untuk memasukkan detail loginnya, yang berbeda dari kata sandi yang Anda gunakan untuk bergabung dengan jaringan. Jika Anda belum mengubahnya dari default.
  • Setelah Anda masuk, klik Pengaturan Nirkabel dalam daftar opsi.
  • Klik Pada Keamanan Nirkabel di bar samping kiri dan Anda akan menemukan bidang yang disebut Kunci Keamanan di panel sisi kanan. Bidang ini berisi kata sandi jaringan Wi-Fi Anda.
  • Masukkan kata sandi yang baru.

Jika Anda tidak dapat menggunakan cara di atas, Dimungkinkan untuk menemukan kata sandi Wi-Fi Anda menggunakan Windows 10.


3. Mulai Ulang Router Wi-Fi Anda

Router Wi-Fi terkadang dapat mengalami lag ataupun error. Ketika itu terjadi, router Anda bisa mengganggu koneksi ke perangkat Anda. Untungnya, memperbaikinya cukup mudah. Cukup matikan router Anda dengan mencabutnya, matikan setidaknya selama satu menit, lalu nyalakan kembali.


4. Lupakan Dan Sambungkan Ulang Dengan Jaringan Wi-Fi

Terkadang, menghapus jaringan Wi-Fi dan kemudian menyambungkan kembali memperbaiki kesalahan autentikasi. Selama Anda mengingat kata sandi untuk jaringan Anda, ini mudah untuk dilakukan:

  • Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda.
  • Pilih opsi yang bertuliskan Wi-Fi & internet dan ketuk Wi-Fi di layar berikut.
  • Temukan jaringan Wi-Fi Anda di daftar dan ketuk ikon pengaturan di sebelahnya.
  • Di layar, Anda akan melihat tombol bertuliskan Lupakan.
  • Kembali ke layar sebelumnya dan ketuk jaringan wifi Anda untuk menyambungkan ulang.
  • Masukkan kata sandi untuk jaringan Anda dan ketuk Sambungkan untuk tersambung kembali dengan jaringan.

5. Gunakan IP DHCP

Sebagian besar router menggunakan DHCP, yang secara otomatis menetapkan alamat IP untuk setiap perangkat di jaringan. Terkadang, fitur DHCP tidak berfungsi seperti yang seharusnya, yang akan menyebabkan masalah dengan jaringan Anda.

Otentikasi Wi-Fi dan masalah IP seringkali di sebabkan oleh kesalahan DHCP yang tidak berfungsi. Untuk memperbaikinya, Anda dapat menetapkan alamat IP statis ke ponsel Android Anda. Dengan cara ini, ponsel Anda akan memiliki alamat IP yang telah ditentukan sebelumnya dan tidak akan bergantung pada router untuk mendapatkan IP.

  • Akses aplikasi Pengaturan di ponsel Anda.
  • Ketuk Wi-Fi & internet dan pilih jaringan Wi-Fi Anda dari daftar.
  • Ketuk ikon pensil di bagian atas untuk mengedit pengaturan Wi-Fi Anda.
  • Pilih menu Opsi tingkat lanjut untuk memperlihatkan beberapa opsi baru.
  • Pilih Statis dari menu turun bawah pengaturan IP.
  • Di bidang alamat IP, Anda harus memasukkan alamat IP yang berada dalam jangkauan alamat IP yang diizinkan dan belum digunakan
  • Masukkan alamat IP router Anda di bidang Gateway.
  • Biarkan bidang DNS kosong untuk menggunakan default atau masukkan 8.8.8.8 di DNS 1 dan 8.8.4.4 di bidang DNS 2 jika Anda ingin menggunakan DNS Google. Lalu ketuk Simpan.

6. Reset Pengaturan Wi-Fi Di Ponsel Anda

Pengaturan Wi-Fi yang tidak tepat dapat menyebabkan kesalahan autentikasi. Jika Anda sudah mencoba semua hal di atas dan masih tidak dapat terhubung, mengatur ulang ke default mudah-mudahan akan berhasil. 

Android memberi Anda opsi untuk mereset semua pengaturan jaringan Anda sekaligus. Saat Melakukan ini, Anda akan kehilangan semua data jaringan tersimpan, seperti konfigurasi VPN, jaringan Wi-Fi tersimpan, dan perangkat Bluetooth. Anda harus mengonfigurasi ulang nanti, jadi pastikan Anda baik-baik saja dengan melanjutkan:

  • Buka Pengaturan di ponsel Anda dan ketuk Sistem di bagian bawah.
  • Pilih Reset opsi pada layar berikut.
  • Ketuk opsi yang bertuliskan Reset Wi-Fi, seluler & Bluetooth untuk mengatur ulang pengaturan jaringan Anda.
  • Setelah pengaturan direset, sambungkan ponsel Anda ke jaringan Wi-Fi seperti biasa.


7. Perbarui Software Android Anda

Jika Anda belum memperbarui perangkat Android dalam waktu yang lama, itu bisa jadi Anda melihat kesalahan autentikasi di ponsel Anda. Versi sistem operasi yang lebih baru sering menambal bug dari versi yang lebih lama, itulah sebabnya penting untuk menjaga ponsel Android Anda tetap terbarui.


8. Reset Data Pabrik Perangkat Anda

Tidak peduli masalahnya, jika tidak ada yang lain yang berfungsi, upaya terakhir Anda adalah mereset ponsel Anda ke pengaturan pabrik. Prosedur ini menghapus semua data dan pengaturan yang tersimpan di perangkat, sehingga Anda akan mulai dari awal saat selesai.

Jika Anda masih melihat kesalahan autentikasi Wi-Fi pada saat ini, opsi ini adalah pilihan terakhir Anda. Pastikan untuk mencadangkan(backup) data ponsel Anda sebelum meresetnya untuk menghindari kehilangan data berharga.

  • Menuju ke Pengaturan > Sistem > Reset opsi di ponsel Anda.
  • Ketuk opsi Hapus semua data (reset pabrik).
  • Setelah perangkat Anda direset, coba sambungkan ke jaringan Wi-Fi Anda sebelum menyesuaikan pengaturan lainnya.
  • Jika ini tidak berhasil, Mungkin masalahnya ada di perangkat Anda. Pertimbangkan untuk membawa ponsel Anda ke tempat service.